Sunday, March 8, 2015

PEMBUATAN TERI NDHELIK

Pada episode kali ini,kita mau membuat camilan dari si imut ikan teri. Tapi teri yang satu ini beda loh. Tidak asin dan dijadikan camilan yang enak dan bergizi. Unit usaha Balibu yang terletak di daerah Godean,Sleman lah yang membuatnya. Dengan nama TERI NDHE-LIK atau Teri sembunyi.

teri ndhelik
Kemon kita buat. Cuci bersih dulu ikan terinya. Terus .. siapkan bumbunya. Seperti garam, bawang, kemiri, ketumbar dan daun jeruk. Hancurkan pake mesin blender. Tuang ke dalam teri yang sudah di cuci bersih tadi. Campur rata dan diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap. Teri yang sudah diberi bumbu dimasukkan kedalam tepung terigu. baru deh teri bisa di goreng dalam minyak yang panas. Jangan sampai gosong ya… gorengnya selama 2 menit hingga setengah matang lalu ditiriskan.


teri digoreng
Selanjutnya menyiapkan adonan tempat ikan si ikan teri bersembunyi. Awalnya duri ikan dan kepala ikan dimasukkan ke mesin presto,agar tulang ikan dan kepala ikannya menjadi lunak dengan tekanan panas yang tinggi. Lalu tulang ikan yang sudah lunak digiling dimesin penggiling hingga menjadi pasta. Oh ya di sini wortel di jadikan sebagai bahan tambahan. Sekedar info,selain di jadikan sebagai pewarna alami, wortel juga untuk menambah kandungan Vitamin pada teri Ndhelik ini. Kandungan Vitamin A dan serat pada wortel cukup tinggi.

teri digiling
Bahan untuk tempat sembunyi teri sudah disiapkan, diantaranya bawang,telur,pasta duri,dan wortel. Lalu dicampur hingga rata dengan mesin blender. Tambahkan sedikit garam dan gula. Semua bahan sudah siap baru deh digabungkan beberapa bahan, awalnya me masukkan tepung terigu,pasta duri,dan bumbu. Aduk hingga kalis dan ditambahkan sedikit mentega. Adonan yang sudah kalis lalu di bentuk tipis dengan mesin press dan dibentuk memanjang dengan lebar 4 sam 5 cm. Adonan dibalutkan pada teri. Teri yang sudah di baluti siap di goreng selama 2 menit agar tidak mengurangi gizi yang terkandung.

teri ditiriskan
Taraa ..teri siap di makan. Yam..yammm.. Info tambahan ni teman,tiap 100 gram teri kering mengandung 33,4gram protein lo.. Siapa yang mau coba camilan enak dan sehat pastinya?tanpa penyedap rasa. 

(Sumber:Hammam MushabR.-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment