Tuesday, March 10, 2015

PEMBUATAN NASI LIWET DAN NASI UDUK INSTAN

Sudah pernah makan nasi liwet instan? Eitss, meskipun instan tetapi semuanya alami dan tanpa pengawet lho. Seperti pewarnanya yang berasal dari ubi ungu. Nasinya juga terbuat dari beras Garut kualitas terbaik. Di kota Garut biasanya beras Garut disajikan sebagai nasi uduk atau nasi liwet, sekarang ada inovasi baru yaitu nasi liwet dan uduk instan. Bahkan berwarna-warni mirip pelangi, wuidihhh keran kan.

Sajian Nasi Instan
Mau tahu cara pembuatannya? Awalnya beras garut yang telah dipanen dicuci dan digiling sebanyak 3 kali. Proses selanjutnya penyiapan bumbu. Untuk rasa original lebih mengandalkan rempah-rempah, sebagai bumbu dasar salah satunya bawang merah dan bawang putih. Bawang digiling hingga hancur selanjutnya, dijemur selama satu hari hingga kering. Oh iya agar bumbu terjaga kebersihannya, bumbu di oven selama 30 menit, sip deh. Untuk nasi liwet warna-warni memakai pewarna alami contohnya ungu dari ubi ungu, kuning dari kunyit, dan warna merah dari angkak. Untuk membuatnya ubi ungu dikupas hingga bersih. Lalu dipotong-potong hingga kecil. Selanjutnya di jemur hingga kiring dan digiling hingga menjadi serbuk ungu. TIdak lupa juga di oven supaya hasilnya lebih kering. Nasi liwet dan nasi uduknya sudah siap, tinggal dikemas deh.

pemotongan ubi ungu sebagai pewarna ungu alami
Setiap harinya pabrik ini mampu membuat 2000 pack nasi instan loh, weleh weleh Dan tidak hanya dijual didalam negri bahkan sudah diekspor hingga ke Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, dan Hongkong. Wah wah ini baru namnya keren, hihiihi.

Ternyata Nasi Instan ini Di-ekspor juga Lhooo
Oh iya unyil lupa, yang memproduksinya ialah CV SERIBU SATU yang telah berdiri sejak tahun 2011 dan telah mendapat banyak penghargaan. Jangan lupa ya teman kalau sedang ke garut beli nasi instan ya, yaa supaya kita ikut memajukan produksi lokal bangsa kita dooong, maantaaap. 

(Sumber:HammamMushabR.-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment