Sunday, March 8, 2015

PEMBUATAN KUE SATU KACANG HIJAU

Hemmyam yamkue satu kacang hijaunya enak. kue jaman dulu yang satu ini namanya kue koya kacang hijau. Jaman dulu kue ini salah satu camilan favorit orang tua kita. Terutama saat menjamu tamu atau menemani istirahat sore dengan the atau kopi. Hebatnya sekarang kue itu masih ada.

Kue Satu Kacang Hijau Disandingkan dengan Teh Hangat
Nih cara pembuatannya, awalnya kacang hijau dicuci bersih dan dijemur lalu di sangrai hingga berwarna kecoklatan. Kemudian kacang hijau masuk kepenggilingan. Tahap ini memisahkan antara kacang dan kulitnya. Selanjutnya digiling kembali kacang hijau dengan gula, hingga berbentuk tepung. Untuk menjga rasa dan kekerasan gunakan komposisi satu banding satu.

Pemisahan Kacang Hijau dengan Kulitnya
Artinya 10 kg tepung kacang hijau dicampur dengan 10kg gula, sehingga menhasilkan kue satu sekitar 20kg dalam sehari. Wah wah bisa dibayangkan kandungan gizinya. Per 100gr kacang hijau saja mengandung 5,4gr protein dan 81 kalori, apa lagi 10kg ya ,hehehe. Sipp adonan siap dicetak. Cara mencetaknya cukup unik, adonan dimasukkan ke tiap lubang cetakan, lalu ditekan dengan ibu jari sampai padat. Setelah itu permukaannya diratakan, untuk mengeluarkannya diketok bagian luar atau belakangnya.

Tahap Pencetakan
Proses selanjutnya dijemur di tengah terik panas matahari. Jaman dulu proses ini adalah proses terakhir namun saat ini selain penjemuran, kue satu masih harus dipanggang ke dalam oven. Tujuannya untuk memastikan kue bebas bakteri. Kemudian kue satu ini di kemas.

Tahap Pengemasan
Usaha Berkah Ilahi mengemas kue satu ke dalam kotak plastik dengan mengisi kue sekitar dua puluh butir. Satu kemasan plastic dijual seharga dua puluh ribu rupiah dan pemasarannya ke kota-kota besar di Jawa timur dan pulau Jawa. 

(SumberHammamMushabR.-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment