Wednesday, March 11, 2015

PEMBUATAN BOLU BERBENTUK PISANG

Ini bolu loh, bukan pisang, hihi .. pasti pada kiranya ini adalah pisangkan? bolu ini dibuat semirip mungkin dengan pisang, namanya monkey banana, yang belum tahu pasti dikira makan isang dengan kulitnya hihi .. bolu berbntuk pisang ini sebenarnya sudah mulai nge-trend sejak tahun 2012 di negara sakura atau negara jepang. Kalo disana, namanya “tokyo banana” . Bolu polos dengan isi krim pisang ini di modifikasi menjadi bolu berbentuk pisang dengan guratan cokelat yang menggambarkan pisang yang sudah matang. mau tau cara pembuatannya? sekarang unyil kasih tau yaaaa ..

Pengemasan Bolu Berbentuk Pisang
Untuk membuat adonan bolu pisang ini, bahan yang perlu disiapkan adalah telur, gula, garam dan pisang ambon. Pertama pisahkan kuning telur, lalu tambahkan gula dan garam, aduk sampai mengembang. Setelah itu masukan pisang ambon, biar adonan semakin wangi. Owya.. pisang ambon ini, mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek. Senyawa ini bisa memelihara sel jaringan dari usus kecil. Jadi dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi lhoo. Setelah pisang di masukan kedalam adonan, campur dengan mentega cair, tambahkan sedikit air dan yang terakhir masukan tepung terigu. Adonan pertama jadi… Sekarang kita buat adonan yang kedua. Kocok putih telurnya terlebih dahulu, lalu dicampur dengan gula pasir, aduk sampai mengembang. Setelah mengembang, campurkan kedua adonan yang tadi sudah di buat. Ayooo aduk yang kuat agar semua adonan dapat tercampur rata, setelah itu cetak adonan menjadi pisang.

Menghias Bolu agar Mirip Pisang
Agar lebih mudah, masukan adonan kedalam plastik, cetak diloyang yang berbentuk pisang juga. Beri varian rasa. Terdapat dua 3 rasa yang dibuat setiap harinya, ada Keju, Kismis dan Original. Taburi keju dan kismis, lalu tutup kembali dengan adonan dan bakar deh dalam oven. Proses pembakaran ini kurang lebih selama 30 menit dengan suhu 200 derajat celcius. Duhh jangan dekat - dekat yah kawan, nanti panas. Hihi ..

Bolu Pisang? Yummi..
Setelah bolu matang, yuk lanjut ke proses pewarnaan. Pake cokelat yaa.. coklat kuning berwarna kulit pisang. bukan cuma warnanya saja yang seperti pisang, cokelat ini juga memiliki rasa pisang lhoo . hii .. Unyil Jamin deh rasanya pasti enak. Hihi .. setalah bolu di lapisi dengan cokelat pisang. sekarang kita tinggal menuju proses akhir. Yaitu proses pengguratan, guratan dalam bolu yang dibuat dengan menggunakan cokelat pasta, jadi aman kok buat di konsumsi. Guratan ini buat agar bolu terlihat seperti pisang yang asli, hihi .. jadi deh. Silahkan mencoba di rumah teman.

(Sumber:Tb FaisalPratamaSandjadirdja-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment