Monday, March 9, 2015

PEMBUATAN OTAK-OTAK BERBENTUK SOSIS

Hayooo siapa yang pernah makan otak-otak berbentuk sosis? Baru tahu kan. Yuk deh ikut unyil lihat pabrik otak-otak berbentuk sosis di daerah ciawi, Bogor. Sebelum masuk kepabrik, kita harus bersih dan steril dulu ya. Okeee sudah bersih, yuk kita lihat proses pembuatannya. Proses pertama bahan baku dibersihkan yaitu ikan tenggiri segar dengan berat minimal 2 kg. Ambil dagingnya saja. Setiap hari pabrik otak-otak ini membutuhkan 5 ton ikan tenggiri, setelah dibersihkan lalu dibekukan. Saat mau diolah ikannya dipotong-potong tipis. Kemudian ikan-ikannya dihaluskan lagi, agar lebih mudah saat pencampuran dengan bumbu-bumbu lainnya.

Pencampuran Adonan Otak-otak
Selanjutnya bahan baku dicampur dengan bumbu-bumbu. Bumbu-bumbu otak-otak ini adalah tepung tapioka, air es, dan minyak nabati. Jadi seperti pasta yah bentuknya. Tinggal kita kemas. Pengemasan otak-otak ini sengaja seperti sosis, agar lebih mudah di makan teman-teman. Lalu masak dan sterilkan otak-otak yang sudah dikemas tadi. Otak-otak dimasak selam satu jam dalam air dan uap sepanas 110 derajat celcius. 
 
Otak-otak Dikemas
Keluarkan otak-otak yang sudah dimasak dicuci kembali dan didinginkan. Agar kemasan tadi steril, otak-otak dicuci dan disterilkan lagi, dengan air bersuhu 80 derajat celcius. Lalu didinginkan menggunakan kipas pada conveyor. Akihirnya di kemas ditoples deh.

otak-otak siap makan
Setiap harinya pabrik ini bisa membuat sebanyak 4700 karton otak-otak siap makan. Satu batang otak-otak ini dijual seharga 1000 rupiah saja. Oh ya sebelum dijual otak-otaknya diuji lab dulu. Otak-otak dipastikan bersih dan higienis dari bakteri berbahaya. 

(Sumber:Hammam MushabR.-LaptopSiUnyil)

1 comment:

  1. baguslah kalo gitu saya ga ragu lagi buat nikmati kesukaanku ini...
    makasih infonya

    ReplyDelete