Saturday, March 7, 2015

LEZATNYA BISKUIT CATEMMA - PEMBUATAN BISKUIT DARI TEMPE DAN KURMA

Siapa yang suka bawa bekal ke sekolah? Kali ini unyil akan berbagi informasi mengenai biskuit catemma. Biskuit lezat ini terbuat dari tepung tempe, tepung mocaf, dan selai kurma. Biskuit ini selain bergizi tinggi juga kaya protein, kalori, dan zat besi lhoo jadi bikin kalian tambah semangat belajar di sekolah. Biskuit catemma adalah hasil karya ibu Fatma, dosen dari Universitas Indonesia. Selain biskuit catemma ada 3 jenis biskuit lannya, yaitu : Bisma, Temma, dan Caromma. Sejak tahun 2013 bu Fatma bekerjasama dengan beberapa UKM di Depok dan Bogor untuk membuat biskuit sehat ini.

Ibu Fatma bekerjasama dengan UKM di Depok
Membuat adonan biskuitnya cukup campurkan telur ayam, gula bubuk, dan mentega ke dalam wadah kemudian kocok ketiga bahan sampai mengembang. Selanjutnya masukkan tepung mocaf dan campur sampai merata ya.. tepung ini terbuat dari gilingan singkong yang telah difermentasi. Selain tepung mocaf, adonan biskuit juga perlu tambahan tepung tempe. Tepung tempe ini buatan ibu min di daerah Bogor, Jawa Barat.

Mengiris Tempe untuk Dijadikan Tepung
Iris tempe secara memanjang kemudian rebus di dalam air mendidih. Perebusan ini untuk mematikan jamur pada tempe sehingga tepung tempe menjadi lebih awet. Angkat lalu dinginkan. Setelah itu masukkan tempe ke dalam alat pengering agar kandungan air menjadi 3% saja. Agar tepung tempe awet dan tidak berjamur, pengeringan butuh waktu yang sangat lama yaitu sekitar 20 jam dan jadi deh tepung tempenya.. Dari 30 Kg tempe menghasilkan 10 Kg tepung tempe saja. Tempe ini mengandung vitamin B12 dan protein yang sangat tinggi lhoo. Tambahkan perasa makanan ke dalam adonan biskuit supaya rasanya semakin lezat. Perasa makanan yang digunakan tentunya dari bahan-bahan yang aman ya. Biskuit catemma ini terdiri dari 4 rasa, yaitu : rasa jeruk, leci, mangga, dan coklat. Adonan yang telah ditipiskan kemudian mulai dicetak dengan tebal 4 mm. Permintaan biskuit catemma terbilang tinggi, karena dalam sehari ibu Titi bersama karyawannya bisa membuat 24 Kg adonan biskuit. Langkah berikutnya adalah membakar biskuit dalam oven bersuhu 150 C selama 20 menit.

Membakar Biskuit dalam Oven
Semua jenis kurma bisa dugunakan untuk membuat selai kurma. Cukup pisahkan biji kurma dengan dagingnya kemudian haluskan daging kurma dengan rebusan gula merah. Oiyaa selai kurma kaya akan kalori, zat besi, dan kalsium lho. Kandungan kalori dan zat besi yang terdapat di dalam kurma bisa membuat kalian tambah semangat jadi gak lesu deh ketika belajar di sekolah hihihi.

Biskuit Catemma Siap Dikemas
Lapisi biskuit dengan selai kurma lalu lapisi lagi diatasnya dengan biskuit seperti sandwich. Akhirnya biskuit catemma siap dikemas, setiap kemasan mempunyai berat 100 gr. Harga tiap kemasan ini hanya 13 ribu rupiah saja lho. Penjualan biskuit ini sudah ke seluruh Indonesia. Biskuit ini juga jadi cemilan sehat untuk anak balita, ibu hamil, dan orang lanjut usia karena bisa meningkatkan nafsu makan. Biskuit ini telah digunakan di beberapa Posyandu di Depok untuk mengatasi gizi buruk. Apabila selama 3 bulan mengkonsumsi biskuit ini, anak balita bisa mengalami kenaikan berat badan sampai 1,3 Kg. hayoo siapa yang mau jadikan biskuit ini bekal sehat untuk ke sekolah?

(Sumber:Katarina Erlita-LaptopSiUnyil)

1 comment:

  1. assalamualaikum wr.wb
    selamat siang ibu...saya ingin bertanya bagaimana cara membuat biskuit temma dan berapa banding berapa bahan-bahan yang digunakan?
    Terima kasih

    ReplyDelete