Thursday, March 12, 2015

PEMBUATAN ROBOT PENYIRAM TANAMAN

Robot Penyiram Tanaman
Unyil saat ini berada di sekolah menengah pertama Al -Azhar 13 Surabaya. ini dia teman-teman yang menciptakan robot penyiram tanaman ini. ada nawfal, rafsi dan yuda. Dilatih oleh kak roddick, Teman-teman ini mampu menciptakan robot untuk menjaga lingkungan. Ciptaan robot ini juga menjadi juara satu pada ajang robot internasional 2014. Yuukk langsung aja kita liat proses pembuatan robotnya, Pertama-tama adalah pemotongan dan pengeboran akrilik. potong akrilik yang berguna sebagai rangka robot dengan ukuran 25×30 cm. yang kedua adalah merakit motor d. 4 motor dc ini nantinya yang akan menggerakkan roda-rodanya.

Bekerjasama Merakit Robot
Robot ini berjalan dengan mendeteksi logam yang ditempel dilantai. Nah untuk mendeteksinya pasangkan alat sensor induktif proxomity ini ke si robot, jadi si robot tidak perlu pengawasan manusia untuk mengarahkan jalannya. Pasang juga kabel sensor pendeteksi logamnya. Robot ini dapat bergerak jika ada batrenya. Dibatre ini juga ada pengontrol daya tahan batrenya. pengontrol ini bekerja dengan otomatis, okee sekarang ayooo kita program dulu si robot. di pemograman ini semuanya fungsi di atur seperti kecepatan berjalan, bagaimana berjalannya untuk penyemprotan airnya, sampe ke sensor tanaman, agar airnya keluar jika ada tanaman disebelahnya. Hebat banget kan

Enyeng Memegang Robot
Ditengah-tengah robot ini ada bagian bolongnya. Tutup dengan plester agar alat downloadernya tidak terkena cipratan air. Berikutnya adalah pemasangan tabung air, jadi air-air yang dikeluarkan itu asalnya dari tabung ini. Lebih keren lagi, energy robot berasal dari sinar matahari yang tertangkap oleh solar sell. Kemudian tersimpan dibatre sehingga robot bisa terus beroperasi. Dan biarkan si robot menyiram tanaman kalian. Canggih juga ya robot buatan anak Indonesia. 

(Sumber:AntoniBudiMuliaM-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment