Friday, March 6, 2015

PABRIK TECHNOPLAST - PEMBUATAN KOTAK MAKAN DAN BOTOL MINUM DARI PLASTIK

Pabrik Technoplast adalah pabrik plastik yang membuat kotak makan dan botol minum. Di dalam pabrik ini banyak mesin-mesin yang canggih lho.. Perusahaan ini memiliki 45 lisensi atau izin resmi karakter-karakter terkenal di dunia yang akan membuat kotak makan dan botol minum terlihat lebih kereen. Jadi lebih semangat buat bawa bekal ke sekolah kan hihihi.
Inilah Penampakan Kotak Makan dan Botol Minum
Bahan baku untuk membuat kotak makan dan botol minum adalah biji plastik. Jenis biji plastik yang digunakan adalah P-P atau Poli Propilin karena biji plastik jenis ini aman digunakan sebagai tempat makan dan minum. Selain biji plastik kita juga membutuhkan pigmen warna . terdapat lebih dari 15 warna yang bebas logam berat, jadi aman sekali untuk digunakan.
Inilah Penampakan Biji Plastik
Masukkan biji plastik ke dalam mesin pencampur kemudian tambahkan pigmen warna yang diinginkan. Mesin ini mampu mencampur ratusan kilogram biji plastik lhoo.. setelah 10 menit, pigmen warna akan menempel ke biji plastik. Tahap selanjutnya adalah tahapan pencetakan, ada dua jenis cara dengan dua jenis mesin berbeda. Pencetakan botol minum menggunakan mesin blowing. Biji plastik dimasukkan ke dalam hoper kemudian panaskan biji plastik pada suhu 190C. Lalu mesin blowing akan membungkus lelehan plastik dan dengan cepat akan meniupkan udara panas. Dalam 15 detik botol minum pun sudah tercetak.. kereen kan
Inilah Penampakan Mesin Injeksi
Mesin satu lagi bernama mesin injeksi yang mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan mesin blowing. Mesin ini akan memanaskan biji plastik namun biji plastik yang meleleh tidak ditiup tapi di injeksi atau disuntik. Setelah lelehan biji plastik disuntikkan ke dalam mesin molding, dalam 45 detik plastik pun akan tercetak. Ada lagi yang unik di pabrik ini, karena di pabrik ini ada robot pintar yang bertugas mengambil produk plastik yang sudah jadi.
Inilah Penampakan Tahap Transfer film
Sekarang ada tahap transfer film hehehe tapi bukan film untuk ditonton ya. Film yang dimaksud adalah lembaran plastik bergambar yang terdiri dari bermacam-macam karakter. Tempelkan film pada wadah plastik dengan suhu panas, setelah itu tekan gambarnya dan gambarnya pun akan pindah ke wadah plastik. Selanjutnya adalah tahap perakitan, masukkan wadah plastik plastik beningnya lalu rekatkan dengan menggunakan ultra sonic welding. Mesin ini akan menyatukan wadah plastik ke tempat minumnya dengan menggunakan gelombang. Sejak berdiri 17 tahun lalu, pabrik ini mempunyai 1.000 produk tempat makan dan minum berbahan plastik dan tiap 2 bulan pasti keluar model terbaru. Perusahaan imi memiliki izin resmi untuk menggunakan karakter-karakter terkenal dari Walt Disney, Nickelodeon, Marvel, San Rio, Doraemon dan Warner Bross sehingga perusahaan ini benar-benar menjaga kualitas produk. Dalam satu hari pabrik ini mampu membuat 18 ribu kotak makan dan tempat minum, wah wah banyak sekali ya.Produk dari perusahaan ini tidak hanya dipasarkan di Indonesia tetapi juga dipasarkan di 54 negara. Sebelum dijual kotak makan dan tempat minum harus melewati uji laboratorium terlebih dahulu. Pertama-tama uji ketahanan panas dengan cara panaskan di oven bersuhu 130C selama 5 menit. Selain itu ada juga uji drop test dengan cara dijatuhkan dari ketinggian 1 meter. Setelah produk lolos uji, maka produk siap dipasarkan. 

(Sumber:Katarina Erlita-LaptopSiUnyil)

1 comment:

  1. Bisa pesen sesuai ukuran gak ya dr pabrik ini
    Saya cari yg ukuran nya pas sama makanan yg sayabjual, diluaran gak dapet

    ReplyDelete