Monday, March 9, 2015

PEMBUATAN KUE KOLOMBENG

Kali ini kita akan membahas kue Kolombeng. Jadul sie, tapi masih eksis sampai sekarang. Tak seperti namanya yang aneh, tampilan roti bentuk segi empat ini cukup sederhana. Tapi jangan salah, rasanya manis, legit, dan terasa empuk saat digigit. Roti yang menjadi favorit sejak tahun 1950 hingga 90-an ini masih tetap eksis lhoo. Dibeberapa daerah di Jawa tengah, Jogja dan sekitarnya kue ini masih menjadi idola.

Memindahkan Kue Kelombeng yang Sudah Matang
Salah satu tempat produksi kolombeng yang masih bertahan hingga kini salah satunya tempat bapak Sumadi yang berlokasi di pandak, bantul jogja. Yukk kita intip cara pembuatannya. Resep roti kolombeng ini sangat sederhana. Bahan-bahannya hanya telur, tepung terigu, gula, dan ovalet. Oh ya roti ini tidak menggunakan margarin, cokelat ataupun topping didalam adonannya.

Menyiapkan Telur
Proses awalnya menyiapkan telur, untuk satu resep ini bisa menghabiskan sebanyak 15-30 telor. Aduk telur hingga mengembang. Selanjutnya dicampur dengan bahan lain seperti gula, dan tepung terigu, diaduk selama 15 menit agar rata. Jangan lupa tambahkan ovalet supaya adonan menjadi lebih lembut. Dalam satu minggu usaha yang berdiri sejak tahun 1994 ini berproduksi 3 hingga 4 kali, rata-rata produksi dalam 1 minggu bisa menghabiskan sekitar 100kg tepung, 70kg gula, dan 30 hingga 50 kg telur ayam. Keren.

Mencetak Kue Kelombeng
Roti kolombeng ini biasanya dicetak dalam 2 bentuk saja, kotak dan bulat. Namun yang paling terkenal adalah bentuk kotak, karena sudah ada sejak jaman dulu. Selanjutnya adonan dituang ke dalam cetakan yang sudah di olesi mentega. Proses selanjutnya cetakan dimasukkan ke dalam oven tradisional. Ada yang unik, ruang taruh didalam oven mampu berputar. Yap hal ini berguna agar seluruh bagian roti terpanggang dengan rata. Dengan suhu 180-200 derajat, dalam waktu 20 menit roti kolombeng sudah jadi. Hemmm..baunya harum, hihiihi.

Kue Kelombeng yang Sudah Matang
Roti ini hanya mampu bertahan hingga 7-10 hari saja. Karena tidak menggunakan bahan pengawet. Meskipun begitu paling enak menyantap kue ini setelah didiamkan 1-2 hari setelah dipanggang. Katanya sih tekstur roti jadi lebih padat dan mengenyangkan. Walaupun murah dijamin rasanya ga murahan deh.

(Sumber:LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment