Tuesday, March 10, 2015

PEMBUATAN BONEKA DASBOR YANG BISA GELENG-GELENG

Pernah liat boneka di dasbor mobil ga? Yang geleng-geleng kepala itu? Oke sekarang kita bahas yuk pembuatan boneka replica, yang lucu dan berbagai bentuk. Pabrik yang membuat boneka dan replika ini adalah PT NARANG RAYA INDONESIA, pabrik yang berdiri sejak tahun 1992 ini telah membuat ribuan jenis model boneka dan replika. Kerennya lagi boneka-boneka lucu ini terbuat dari bahan plastik jenis PVC Resin serta campuran Antioxide yang aman bagi anak-anak.

Boneka Dasbor yang Bisa Geleng-geleng
Awalnya kita membuat rancangan detail tiap bagian. Mulai dari lekukan dan ekspresi replika oleh si pembuat model. Desain selesai, cetakan selesai, lanjut ke proses penyiapan bahan. Bahannya adalah pvc resin dan antioxide. Campur dengan pewarna dan bahan lain, menyesuaikan dengan bentuk boneka yang akan dibuat.

Pembuatan Model
Aduk rata, lalu masukkan ke dalam mesin vakum. Fungsinya supaya adonan bahan tidak mengandung udara, sehingga tidak ada lapisan yang menggelembung saat proses pencetakan. Setelah satu setengah jam di mesin vakum,bahan baku yang sudah tercampur dicetak. Untuk memastikan adonan bahan menempel ke cetakan dengan rata, cetakan yang sudah berisi bahan digantung,lalu diputar-putar dengan mesin pemutar. Lalu putar balik cetakan, supaya sisa adonan yang tidak menempel bisa kita tampung dan kita gunakan kembali. Setelah dicetak,cetakan dicelupkan ke dalam air dan zat kimia yang panas,agar adonan menempel sesuai model. Upss.. hati-hati, ini proses paling berbahaya loh.. Selanjutnya merapikan cetakan dan masuk proses pewarnaan.

Proses Pengecatan
Pasti kalian menyangka boneka tersebut menggunakan baterai ya. Ternyata boneka tersebut geleng-geleng karena ada pemberat dan peer nya. Yang penting selama ada getaran boneka akan selalu bergerak. Untuk boneka geleng-geleng setelah pewarnaan masih harus kita beri aksessoris dan kawat. Lalu memasang kawat dibeberapa bagian yang berfungsi sebagai penggantung bagian kepala dan diberi pemberat. Pemberat bagian kepala terbuat dari semen, fungsinya sebagai penggerak bagian kepala. Saat boneka disentuh langsung deh geleng-geleng. lucu ya.

Pemasangan Leher Onta
Oh iya pabrik yang berlokasi dibekasi timur,Jawa barat ini mampu memproduksi boneka pvc berbagai model sebanyak 14.000 boneka per hari lohh.Bahkan beberapa model boneka sudah ada yang diekspor ke beberapa negara seperti Australia dan Korea.Keren kan, kreatifitas dan produk Indonesia memang keren banget deh. 

(Sumber:HammamMushabR.-LaptopSiUnyil)

No comments:

Post a Comment